Laman

Sabtu, 16 Maret 2013

Menghilangkan Jerawat Dengan Alami


Penyakit yang satu ini sebetulnya tergolong ringan. Namun, lantaran muncul di wajah, maka bagi sebagian orang terutama wanita bisa dianggap “penyakit

serius”. Jerawat juga merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang banyak
dialami kaum remaja. Penyakit ini memang bisa mengganggu penampilan dan
mengurangi rasa percaya diri. Maka dari itu, tak heran bila banyak remaja yang
berusaha melenyapkannya dari wajah mereka entah dengan menghilangkan jerawatdengan alami ataupun pergi ke dokter kulit.
46masker kentang Menghilangkan Jerawat Dengan Alami


Saat jerawat tumbuh, pasti Anda berharap noda di wajah yang mengganggu itu segera lenyap. Agar jerawat cepat kempes, tanpa perlu membeli obat yang mahal, ada tiga cara mudah yang bisa dilakukan :
  1. Aspirin
    Aspirin bukan hanya bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit, tetapi juga mencegah jerawat menjadi parah. Ambil satu butir aspirin, hancurkan hingga halus kemudian basahi sedikit dengan air hingga kental. Tampelkan cairan kental aspirin pada jerawat selama beberapa menit, hingga kering kemudian bersihkan dengan air. Cara ini akan mengurangi kemerahan dan meredakan rasa sakitnya.
  2. Minyak zaitun
    Buatlah ramuan dengan mencampurkan 4 sendok makan garam dan 3 sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan ramuan tersebut pada wajah menggunakan kuas atau jari-jari Anda. Biarkan selama 1-2 menit, lalu bilas dengan air hangat dan sabun.
    Lakukan perawatan ini dua atau tiga kali seminggu. Anda akan melihat perubahan nyata pada kulit wajah. Garam bisa membersihkan pori-pori dengan dengan eksfoliasi, kandungan mineralnya membuat kulit lebih sehat dan minyak zaitun bisa mengembalikan kelembaban alami kulit.
  3. Pasta gigi
    Anda harus menghadiri acara resmi esok hari, sementara jerawat terlihat menonjol. Gunakan pasta gigi pada malam hari dan biarkan kering hingga pagi hari. Pasta gigi membuat jerawat cepat kering dan menyerap minyak. Tetapi, sebaiknya cara ini tidak dilakukan jika kulit termasuk sensitif, karena dapat menyebabkan iritasi
Perawatan menghilangkan jerawat secara alami dapat dilakukan dengan :
  • Jaga kebersihan kulit, cuci muka dengan air hangat
  • Hindari memegang dan memencet jerawat
  • Jangan menggunakan rambut sebagai penutup muka atau poni
  • Jangan menggunakann kosmetik yang terlalu tebal
  • Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar
  • Hindari makanan goreng-gorengan dan yang terlalu manis
Acne rosasea adalah suatu kondisi kulit kemerahan (eritema) disertai papul dan pustul terutama pada dahi, hidung, pipi, dan dagu. Acne ini biasnaya terjadi selama masa dewasa, pertengahan baik pada pria maupun wanita. Meskipun penyebab spesifiknya tidak diketahui pasti, acne rosasea berhubungan dengan sensitivitas yang tinggi terhadap sinar matahari. Kondisi tersebut dapat timbul dan hilang terutama diperburuk oleh minuman panas dan beralkohol.
jerawat10 Gejala Penyakit JerawatAcne rosasea dapat menyebabkan hipertrofi kelenjar sebasea, disertai penebalan hidung (rinofima) yang muncul permanen. Terdapat juga kecenderungan genetis pada populasi berkulit terang khususnya yang rentan, mengalami acne rosasea. Gejala yang terjadi adalah pada seorang individu dapat timbul bercmacam-macam lesi. Lesi dapat berupa komedo terbuka, komedo tertutup, nodus, pustul, kista dan jaringan parut. Lesi biasanya terdapat di wajah, punggung, dan bahu.
Pada wanita acne meningkat sebelum atau selama periode haid sewaktu kadar estrogen terendah. Pada acne rosasea, wajah dapat kembali merah terang, bahkan bila terpajan sedikit sinar matahari atau alkohol, dan papul serta pustul dapat timbul.
Komplikasi yang terjadi pada jaringan parut dapat terbentuk pada kasus yang prah. Rasa tidak percaya diri dapat terganggu meski kondisi tidak terlalu buruk. Pada acne rosasea, rinofima dapat muncul.

Penyebab Jerawat Di Muka

Acne (jerawat) adalah penyakit peradangan kelenjar sebasea yang sering dijumpai dan berkaitan dengan folikel rambut (fisebut unit pilosebasea).Terdapat dua jenis acne : meradang dan tidak meradang. Kedua jenis acne tersebut ditandai oleh pembentukan sebum yang berlebihan. Sebum yang berlebihan tersebut tertimbun di folikel sehingga folikel membengkak.
Pada acne yang meradang, folikel tersumbat oleh sebum dan bakteri yang berproliferasi di kanal yang disebut propionibacterium acnes. Akhirnya, folikel mengalami ruptur dan sebum serta bakteri keluar ke dermis dan menyebabkan peradangan jaringan dermis. Pada acne nonradang, folikel tidak pecah tetapi berdilatasi. Sebum mengalir ke permukaan kulit (blackhead, komedo terbuka) atau kanalis tetap tersumbat (whitehead, komedo tertutup).
6 penyebab unik timbulnya jerawat Penyebab Jerawat Di Muka Acne sering dijumpai pada remaja dan dewasa muda, dan berawal pada masa pubertas. Walaupun anak laki-laki dan perempuan dapat mengidapnya, acne biasanya lebih sering dan parah pada anak laki-laki. Orang dewasa, terutama wanita dapat menghalami acne rekuren.
Pembentukan sebum dirangsang oleh androgen, terutama testisterin. Peningkatan tajam androgen pada remaja putri dan remaja putra selama pubertas merupakan penyebab munculnya acne dengan tingkat keparahannya. Terdapat sedikit riset yang mendukung bahwa diset atau membersihkan wajah berkontribusi terhadap acne walaupun infeksi P. acne terhadap folikel yang tersumbat diperparah oleh gizi buruk.
Sebagian individu mungkin secara genetis rentan terhadap acne yang mungkin berkaitan dengan sensitivitas berlebihan kelenjar sebasea terhadap androgen atau berada di lingkungan yang mendukung proliferasi bakteri. KOntribusi lain terhadap tumbuhnya acne bisa sangat penting dan beragam pada setiap individu. Hormon yang protectif terhadap acne adalah estrogen, yang melawan aktifitas androgen pada kelenjar sebasea dan mengurangi pembentukan acne. Pada wanita dewasa, perkembangan acne dapat berhubungan dengan kondisi sistemik atau dapat terjadi karena kadar testosteron mulai meninggi relatif terhadap estrogen pada tahun perimenopause awal.

Penyebab Jerawat

Seorang remaja putri yang sudah memasuki masa puber biasanya akan sering mengalami proses hormonal, seperti menstruasi, keputihan, atau bahkan stres yang bisa mempengaruhi kegiatan sehari-hari. Timbulnya jerawat seringkali dianggap sebagai bagian dar reaksi hormonal juga, akibat turunnya hormon seks wanita pada saat menstruasi.
wajah cantik berjerawat Penyebab JerawatBiasanya dengan melakukan perawatan wajah yang baik, seperti rajin mencuci muka setelah beraktivitas, jerawat akan hilang dengan sendirinya setelah selesainya menstruasi.
Sebagian remaja sering menggunakan beberapa produk kosmetik untuk wajah secara berlebihan dengan tujuan tertentu. Padahal, pada kulit yang sensitif, banyak produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah. Akibatnya justru memunculkan masalah baru pada wajah, termasuk keluarnya jerawat bandel. Sebenarnya wajar-wajar saja jerawat di wajah keluar asalkan setelah menstruasi selesai jerawatnya juga hilang. Banyak remaja mengalaminya. Yang paling penting sebenarnya adalah perawatan wajah secara teratur agar terlihat bersih dan segar.

Penyebab Munculnya Jerawat
Jerawat adalah suatu keadaan ketika pori-pori kulit  tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Tidak ada satu orangpun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit.
Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres. Untunglah, segudang senajata untuk melawan kini sudah semakin kuat dan jauh lebih efektif daripada sebelumnya.
jerawat Penyebab Munculnya JerawatPenyebab munculnya jerawat adalah :
  1. Produksi minyak berlebihan.
    Jerawat tidak melulu muncul karena kotor, tetapi lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak, atau sabun di kulit berkolaborasi dengan bakteri.
  2. Sel-sel kulit mati. 
    Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat memproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah sabun yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan bahwa jerawat hanya menyerang muka. Akan tetapi faktanya jerawat juga bisa menyerang bagian tubuh lain, seperti dibagian punggung, dada, dan lengan atas.
  3. Bakteri
    Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p. acne yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu jerawat yang meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.
Posted in Penyebab Jerawat | Tagged  | Leave a comment

Penyebab Jerawat Di Muka

Umumnya, jerawat sering menimpa orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Kulit berminyak ditandai dengan penampilan yang mengilat dan kusam. Jika keadaan semacam ini berlangsung selama bertahun-tahun, pori-pori di kulit wajah anda dapat tertutup oleh minyak yang  berlebihan dan bisa menimbulkan masalah jerawat.
Pilihan perawatan untuk kulit berjerawat yang bisa digunakan adalah mengurangi keluarnya minyak secara berlebihan dengan bahan kimia atau sabun yang keras. Akan tetapi, jika ini berlangsung secara berlebihan dan terlalu banyak, akan dapat mengurangi minyak pada titik tertentu dan justru akan membuat kulit jadi kering. Sedangkan, merawat kulit berminyak dengan cara benar merupakan proses yang sulit karena membutuhkan keseimbangan antara mengurangi keluarnya minyak tanpa harus menyebabkan masalah baru dan membuat kulit jadi kering.
1. Faktor penyebab kulit berminyak
  • Sudah pasti, pola makan yang buruk akan menjadi penyebab kelebihan kadar minyak, terlalu banyaknya lemak dalam tubuh yang bisa berasal dari makan makanan yang manis dan berlemak tinggi.
  • Faktor hormonal yang bisa menjadi salah satu penyebab kulit menjadi berminyak adalah hormon yang tidak seimbang atau pada saat masa puber yang bisa menjadi pemicu.
  • Pemilihan jenis kosmetik yang tidak tepat bisa menjadikan kadar minyak di wajah meningkat.
  • Faktor keturunan  bisa dikatakan juga sebagai faktor penyebab kulit berminyak. Biasanya, orangtua yang mempunyai masalah kulit berminyak, akan diwariskan juga ke anaknya dan pengaruh obat-obatan  seperti obat KB, bisa memicu kulit menjadi berminyak.
 Penyebab Jerawat Di Muka Untuk menghindari terjadinya jerawat. Anda harus mencuci muka secara teratur, namun terlalu sering cuci muka dapat mengurangi kelembaban kulit. Jadi, idealnya adalah dua kali sehari. Ketika mencuci kulit, gunakan sabun atau hydrating facial wash yang dibuat dari bahan alami. Atau, anda dapat menggunakan facial wash dengan scrub. Namun, jika anda sudah mendapay jerawat, gunakan obat cuci wajah atau obat facial cream.
Bagi anda yang sudah mempunyai jerawat, dianjurkan menggunakan acne treatment facial. Perawatnnya mencakup membersihkan wajah dari kotoran-kotoran dan komedo serta menormalkan produksi minyak yang berlebihan. Mereka yang memiki jenis kulit berminyak menggunakan facial jenis ini. 
Posted in Uncategorized | Tagged , | Leave a comment

Faktor Penyebab Jerawat

Penyebab jerawat
Penyebab remaja yang berjerawat adalah suatu hal yang sangat memalukan,faktor penyebabnya tentu saja karena bakteri yang masuk ke dalam kulit kita,saat masih kecil mungkin kita tidak akan mengiranya karena kulit wajah kita masih halus,mulus,dan tidak ada ciri-ciri akan mempunyai benjolan jerawat di bagian wajah kita.Tapi sesudah pubertas umunya terjadi saat kita SMP menjelang SMA,noda jerawat kadang sulit untuk dihilangkan cara menghilangkan bekas jerawat juga dapat dilakukan dengan metode tradisional dengan menggunakan ramuan/obat-obatan herbal.
Jerawat biasanya dapat timbul karena ada faktor penyebab antara lain :
1. Produksi Minyak Terlalu Over
Jerawat tidak selalu timbul karena wajah kotor,melainkan banyak disebabkan dari faktor dalam tubuh.Jerawat merupakan keadaan abnormal kulit akibat gangguan terlalu over produksi kelenjar minyak (sebaceus gland ) yang menimbulkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.Faktor penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon,kumpulan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri sel-sel kulit mati.
2. Adanya faktor hormon turunan pada orang tua
3. faktor genetik seperti pada saat remaja beranjak dewasa.
4. Adanya faktor iritasi kulit
5.Kosmetik juga sering sekali menyebabkan penyumbatan pori-pori karena menggunakan kosmetik yang mengandung lebih minyak atau menggunakan bedak yang menyatu foundation.Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori
6.Obat-obatan
Konsumsi obat kosteroid,baik oral (obat minum)maupun topical (obat oles),yang menyebabkan daya tahan tubuh lemah,juga meningkatkan potensi munculnya jerawat karena rutinitas bakteri patogen yang meningkat.

Bakteri Penyebab Jerawat

Jerawat adalah permasalahan pada kulit menjadi masalah yang besar bagi manusia,memang jerawat bukanlah suatu penyakit yang dapat mematikan,tetapi jerawat dapat merusak penampilan sehingga menimbulkan efek kurangnya percaya diri.
Pada umumnya jerawat terjadi pada masa pubertas,hal ini disebabkan tidak adanya keseimbangan hormon,serta pembentukan hormon-hormon dewasa,hormon-hormon ini menyebabkan sebaceous”kelenjar penghasil sebum pada kulit”menjadi lebih aktif.Kenaikan aktifitas kelenjar ini mengakibatkan produksi sebum “minyak”pada wajah juga meningkat. Jadi tumpukan sebum ini nantinya akan menjadi satu bergabung dengan kotoran serta sel kulit mati sehingga menyumbat terjadi penyumbatan pori-pori.
Pada saat pori-pori yang tersumbat ini tumbuh dan berkembang sejenis bakteri yang disebut “Propionibacterium acnes”yang merupakan bakteri penyebab jerawat. Propionibacterium acnes melepaskan sejenis zat iritan yang nantinya akan mengiritasi kulit,efek dari iritasi inilah nantinya yang menyebabkan kulit memerah dan membengkak. Disamping itu juga menyebabkan nanah dibawah permukaaan kulit,semua efek tersebut merupakan bentuk perlawanan sisitem imun tubuh untuk menetralkan zat iritan yang dihasilkan oleh bakteri serta memperbaiki jaringan kulit yang telah teriritasi.
Berikut penjelasan Propionibacterium acnes secara detail
Propionibacterium acnes terdapat dalam kelompok bakteri corynebacteria. Bakteri ini termasuk flora normal kulit.Propionibacterium acnes berfungsi pada patogenesis jerawat dengan menghasilkan lipase yang memecah asam lemak bebas dari lipid kulit. Asam lemak ini dapat mengakibatkan infalamasi jaringan ketiak berhubungan sistem imun dan mendukung terjadinya akne. Propionibacterium acnes termasuk bakteri yang tumbuh relatif lambat. Bakteri ini termasuk tipe bakteri anaerob gram positif yang toleran terhadap udara. Genome dari bakteri ini telah dirangkai dan sebuah penelitian menunjukkan beberapa gen yang dapat menghasilkan enzim untuk meluruhkan kulit dan protein,yang mungkin immunogenic(mengaktifkan sistem kekebalan tubuh).
bakteri jerawat 113 Bakteri Penyebab JerawatKelompok Propionibacterium acnes
Kingdom : Bacteria
Phylum   : Actinobacteria
Class       : Actinobacteriadae
Order     : Actinomycetales
Family   : Propionibacteriaceae
Genus    : Propionibacterium
Spesies  : Propionibacterium acnes



Tanda-tanda penting dari bakteri Propionibacterium acnes adalah berbentuk batang tak teratur yang tampak pada pewarnaan gram positif. Bakteri ini dapat tumbuh di udara dan tidak menghasilkan endospora. Bakteri ini dapat berbentuk filamen bercabang atau campuran antara bentuk batang/filamen dengan bentuk kokoid. Propionibacterium acnes memerlukan oksigen mulai dari aerob atau anaerob fakultatif sampai ke mikroerofilik atau anaerob.
 Bakteri Penyebab Jerawat

Makanan Penyebab Jerawat

A.Pengertian jerawat
Jerawat adalah suatu keadaan kulit yang tidak normal dimana terjadi infeksi dan radang pada kelenjar minyak pada kulit manusia.Jerawat berbentuk memang tidak enak dipandang mata,sehingga membuat kurangnya percaya diri.Jerawat terkadang berasa sakit bila disentuh sehingga kita ingin cepat hilang dari serangan jerawat.jerawat tidak boleh kita sepelekan agar tidak menjadi parah.
Bukan faktor dari hormon saja penyebab munculnya jerawat tapi dari faktor makanan pun bisa menjadi faktor penyebab munculnya jerawat.Adapun makanan yang menjadi faktor penyebab jerawat antara lain :
1.Gula
Gula banyak didapatkan hampir semua makanan termasuk pada buah-buahan.Tapi selama buah-buahan itu dimakan mentah-mentah,jenis gula yang terdapat dikandungannya adalah gula kompleks beula rupa serat dan karbhohidrat yang tidak terlalu meningkatkan kadar gula darah.Gula tersebut baru akan menjadi faktor bagi jerawat jika sudah berubah kebentuk yang lebih sederhana,melalui proses pengolahan.Gula pasir adalah bentuk gula sederhana yang dapat memicu jerawat dan banyak digunakan dalam permen dan berbagai jenis kue.
2.Susu
Kandungan yang terdapat didalam susu dan produk olahannya sangat tinggi sehingga efeknya terhadap jerawat sama seperti makanan berlemak.Es krim,keju dan sejenisnya termasuk produk olahan susu yang sebaiknya dihindari bagi wajah yang berjerawat.Selain itu,ada beberapa jenis susu yang diperah dari sapi betina yang hamil. Jenis susu mengandung hormon tertentu yang ada didalam tubuh manusia akan diubah menjadi hormon dihydrotestosterone (DHT) penyebab jerawat.
3.Caffeine
Caffeine bisa memperparah jerawat.Kopi,teh,minuman bersoda dan beberapa jenis obat penghilang rasa nyeri merupakan sumber-sumber dari caffeine.Salah satu faktor caffeine adalah merangsang kelenjar adrenalin,sehingga dapat meningkatkan kadar stress yang merupakan salah satu faktor penyebab jerawat.Caffeine juga dapat menyebabkan gangguan tidur,yang juga bisa menyebabkan jerawat.Selain meningkatkan stress,kurangnya tidur juga dapat menghambat proses pemulihan kondisi dan mekanisme pembuangan racun yang terjadi didalam tubuh.
Masih ada beberapa makanan lagi yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.Tetapi anda tidak perlu khawatir untuk menghindari makanan-makanan tersebut.Sebenarnya jerawat timbul dikarenakan oleh faktor kebersihan wajah kita sendiri.
sumber: http://www.penyebabjerawat.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar